Sabtu, 06 Maret 2010

JUDGEMENT


Posting saya kali ini akan berbicara tentang penilaian kita terhadap suatu hal, orang, atau pun permasalahan. Hal yang sangat akrab sekali dalam kehidupan kita sehari-hari karena hampir setiap saat kita akan menilai sesuatu. Tapi yang perlu kita perhatikan disini apakah panilaian kita terhadap suatu objek itu cukup objektif? itu yang kadang kita lupakan. Pernah kah temen-temen berfikir sebelum kita menyimpulkan sesuatu kita perlu mendengarkan pendapat ataupun fakta dari pihak-pihak terkait agar kita bisa mendapatkan kesimpulan yang cukup adil. Ketika kita menyimpulkan sesuatu hal hanya dengan pertimbangan dari satu sisi saja maka dapat dipastikan kesimpulan yang kita punya bukanlah sebuah kesimpulan yang cukup objektif. Kesimpulan yang kita punya masih berat sebelah karena kita hanya melihat hal tersebut dari satu sisi saja.

Sering sekali saya menemukan kasus seperti ini ketika orang2 dg sangat sembarangan menjudge sesuatu hanya dengan membandingkan hal tersebut dari satu sisi saja. Apa lagi dalam keadaan emosi, jarang sekali orang bisa berfikir cukup adil dan rasional. Hal ini lah yang membuat saya sangat takut untuk marah, karena ketika marah kemungkinan untuk bisa berfikir dengan cukup adil dan rasional sangat lah kecil.

Kesimpulannya berusahalah untuk meredamkan amarah dan kalaupun keadaan memaksa anda untuk marah baca istighfar berkali-kali agar tetap bisa berfikir dengan cukup adil dan rasional serta jangan menjugde sesuatu ketika temen2 belum membandingkan hal tersebut dari beberapa sisi terkait.

16 komentar:

  1. lama ngga muncul postingnya langsung bikin adem... halo cint..

    BalasHapus
  2. don't judge a book by its cover. harus dibaca dulu ya, baru bisa menilai...

    terima kasih, postingannya bikin kami berpikir lagi

    BalasHapus
  3. tapi manusia pasti bias kalau menilai...

    BalasHapus
  4. hmm...sampul bisa bikin siapa sj tertipu, kdg perasaan bahkan lbh cepat mndahului logika

    BalasHapus
  5. setuju untuk tidak menghakimi orang, semena-mena.
    nice sharing.
    eh makasih ya, utk postingan 7 hal. boleh kok kalau nambah..hehehe. have a nice day.

    BalasHapus
  6. Jalani hidup apa adanya: heheheb ok ok

    anyin: halooo juga cint eheheh

    mb.Elsa: iya mbak elsa benar sekali ehhehh sama2 mbak

    kesehaRian Ra-Kun: iya mas cz tiap orang punya sudut pandang sendiri2

    Mayyadah Or Maya: iya mbak maya benar sekali hehehe

    ms.Hendriawanz: hwehehehe saya dikasih bonusan niihhh hehhe

    BalasHapus
  7. wahh,. bener Dees.

    Salam kenal ya,.^^ but, where ur cbox or something? how can i BW without cbox,.? hehe,.^^

    BalasHapus
  8. sering2lah ingat kita ini adalah seorang hamba yang tidak berdaya tanpa-Nya :)

    nice post

    BalasHapus
  9. Hi Dees..
    Salam Kenal y!!

    Lihat dari Seluruh ARah..
    baru kita bisa men Judge..

    BalasHapus
  10. kunjungan pertama..
    salam kenal..

    BalasHapus
  11. SETUJU sm postingannya...
    piet juga suka menilai sesuatu tanpa melihat lebih dalam....
    setelah di lihat lebih dalam lagi, tenyata tidak semua penilaian awal itu benar... bahakan sring meleset..
    sejak saat itu ga berani menilai sesuatu dr luar saja...

    thank's hv share ^^
    well done

    BalasHapus
  12. silaturahmi slm kenal..
    btw mungkin bisajadi dalam judgement lebih cendurung menuju ketidakadilan:(

    BalasHapus
  13. hello dess salam kenal dari blogdunia..
    memang setiap orang punya ego..
    dan ego itulah yang membuat tidak adil. dan tidak objektiv
    hilngkan dulu ego baru bisa berfikir objektiv

    BalasHapus
  14. dsss jangan lupa follow aku ia,
    foto aku juga dah terpampang tuh,,

    BalasHapus
  15. kabar baik dees..
    lum update ya
    lho ini jadi sebetulnya siapa sh yang lama nggak nongol..hahaha!

    BalasHapus