Sabtu, 17 Oktober 2009

Jangan Menghujat Sebelum Anda Bisa Menilainya dengan Penilaian Yang Cukup Adil


Ketika kau tak menyukai sesuatu hal bukan berarti kau berhak dan boleh untuk menghujat hal tersebut, apa lagi melarangnya. Beberapa kasus mengajari saya akan hal ini. Sepertinya mindset inilah yang berlaku di jaman saat ini. Jaman dimana semua orang punya hak masing-masing atas hidup yang dijalaninya, serta jaman dimana demokratisasi diberlakukan.

Tiap orang punya pandangan masing-masing atas sesuatu hal. Dan saya yakin tiap hal didunia ini pasti menpunyai sisi positif dan negatif. Menurut saya hal baik tidak sepenuhnya baik. Dan hal buruk juga tidak sepenuhnya buruk.

Sesuatu hal akan dianggap baik oleh seseorang ketika hal tersebut mempunyau persentase keuntungan/kebaikan yang lebih banyak dibandingkan dengan keburukan (bagi orang tersebut). Begitu pula sebaliknya Sesuatu hal akan dianggap buruk oleh seseorang ketika hal tersebut mempunyai persentase keburukan yang lebih banyak dibandingkan dengan kebaika (bagi orang tersebut).

Padahal toh sesuatu yang kita anggap baik belum tentunya teranggap baik untuk orang lain, begitu pula sebaliknya, sesuatu yang kita anggap buruk bisa saja teranggap baik untuk orang lain.

Ketika kita menginginkan perubahan menuju baik untuk sesuatu yang kita anggap buruk sudah tidak jamannya lagi jika kita menggunakan cara penghujatan apa lagi pelarangan. Karena dijaman yang globalisasi ini orang tidak akan mau lagi dicekoki oleh kata-kata hujatan atau kah bentakan apalagi larangan. Cara itu justru tidak akan mendapatkan respon yang baik, malahan bisa-bisa cara itu akan jadi bomerang untuk diri sendiri. Karena tiap orang punya definisi, kriteria, patokan,penilaian, dan parameter sendiri-sendiri mengenai baik dan buruk.

Anda boleh menghujat dan atau melarang sesuatu ketika anda merasa andalah yang paling benar serta tidak pernah melakukan kesalahan dan atau dosa (gak mungkin manusia gak punya dosa).

Suatu kesalahan besar ketika anda memutuskan untuk menghujat dan atau melarang sesuatu, karena secara gak langsung itu berarti anda merasa diri anda yang paling benar, paling tepat, paling sempurna untuk beberapa hal. Padahal tidak ada yang sempurna didunia ini, pikirkan hal itu baik-baik teman-teman. Anda benar-banar tak berhak menghujat dan melarang sesuatu ketika anda belum pernah memposisikan diri anda pada posisi yang menurut anda itu tidak tepat atau pada posisi seseorang yang ,menurut anda melakukan kesalahan. Dengan satu catatan anda tidak hanya memposisikan diri anda saja dalam keadaan tersebut dan dengan serta merta memberlakukan pemikiran-pemikiran yang menurut anda tepat untuk hal tersebut. Akan tetapi cobalah untuk berfikir dari beberapa pihak dan bebrapa sudut pandang. Dengan begitu anda akan mendapatkan suatu penilaian yang cukup adil untuk sesuatu hal.



PS: Jangan pernah egois teman-teman dengan menilai sesuatu hal hanya dari satu sudut pandang anda sendiri saja. Cobalah untuk menilai sesuatu dari sudut pandang orang lain dan atau beberapa pihak/sudut pandang. Dengan begitu anda bisa mempunyai suatu penilaian dan atau kesimpulan yang cukup adil untuk sesuatu hal. Sehingga andapun bisa mengambil keputusan yang cukup adil pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar